Download Bab V
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Berdasarkan
uraian pada hasil penelitian dan analisis pada Bab IV dapat disimpulkan bahwa;
- Menurut Abdullah Ulwan, pendidikan akhlak adalah serangkaian prinsip dasar akhlak dan keutamaan sikap serta watak atau tabiat yang harus dimiliki dan dijadikan kebiasaan oleh anak sejak masa pemula hingga ia menjadi seorang muallaf yakni siap mengarungi lautan kehidupan. Pendidikan akhlak anak menurut Abdullah Ulwan harus bersumber dari syariat Islam. Inti dari konsep pendidikan akhlak anak meliputi:
- Pendidikan akhlak anak merupakan tanggung jawab orang tua dan pendidik.
- Pendidikan akhlak anak berhubungan erat dengan aspek-aspek pendidikan lainnya terutama aspek pendidikan iman.
- Pendidikan akhlak anak sangat dipengaruhi oleh faktor keluarga, lingkungan, dan iklim pendidikan
- Pendidikan akhlak perlu dilakukan dengan metode keteladanan, pembiasaan, nasihat, pemberian perhatian atau hukuman.
- Pendidikan akhlak menurut Abdullah Nashih Ulwan adalah keutamaan sikap dan watak yang wajib dimiliki oleh seorang anak dan yang dijadikan kebiasannya semenjak usia tamyiz hingga ia menjadi mukallaf (balig). Hal ini terus berlanjut secara bertahap menuju fase dewasa sehingga ia siap mengarungi lautan kehidupan. Pendidikan yang utama menurut konsep Abdullah Nashih Ulwan terdapat pada pendidikan iman dan akhlak karena pendidikan iman merupakan faktor yang dapat meluruskan tabiat yang menyimpang dan memperbaiki jiwa kemanusiaan. Hubungan antara iman dan akhlak dapat dilihat dari 2 aspek. Aspek obyek pembahasaannya, pendidikan iman membahas masalah Tuhan baik dari segi zat, sifat dan perbuatan-Nya. Aspek Fungsi, pendidikan iman menghendaki agar seseorang yang beriman tidak hanya cukup dengan menghafal rukun iman dengan dalil – dalilnya saja, tetapi yang terpenting adalah agar orang beriman meniru dan mencontoh terhadap subjek yang terdapat dalam rukun iman itu.
Adapun metode pendidikan
yang dapat mempengaruhi pembentukan kepribadian anak yaitu, metode keteladanan,
metode kebiasaan, metode nasihat, metode perhatian dan metode hukuman.
- Implementasi konsep pendidikan .Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab “Tarbiyatul Aulad Fil Islam”sesuai dengan konsep pendidikan yang saat ini dijalankan di Indonesia. Dimana konsep pendidikan saat ini (Kurikulum 2013) lebih menekankan pada pendidikan spiritual dan sosial dari pada pendidikan pengetahuan, ini sejalan dengan konsep yang ditawarkan oleh Abdullah Nashih Ulwan dimana pendidikan yang utama adalah pendidikan iman dan pendidikan akhlak, baru pendidikan-pendidikan yang lain.
B.
Saran-saran
1. Lembaga-lembaga
pendidikan Islam perlu menempatkan pendidikan akhlak sebagai salah tujuan
pokok.
2. Para pendidik dan
orang tua perlu meningkatkan perhatian terhadap anak atau anak didik.
3. Para pendidik dan
orang tua haruslah berakhlak yang mulia sebagai teladan yang baik bagi anak dan
anak didik.
4. Para pendidik dan
orang tua dalam mendidik akhlak anak harus menggunakan metode yang tepat.
C. Penutup
Alhamdulillahi robbil ‘alamin. Atas berkat rahmat Allah yang maha pemurah, skripsi ini dapat
peneliti susun hingga akhir. Sebagaimana kata pepatah, tiada gading yang tak
retak, skripsi ini tentu tidak luput dari kesalahan atau kekurangan. Untuk itu,
kritik dan saran sangat peneliti harapkan.
Akhirnya, peneliti berharap dan berdo’a semoga skripsi
ini berguna khususnya bagi peneliti, dan umumnya pada para pembaca. Amin.
DAFTAR PUSTAKA
Azizy, A. Qodri, Pendidikan
(Agama) untuk Membangun Etika Sosial, Semarang:
Aneka Ilmu, 2003.
Abdur Rahman , Jamaal, Tahapan Mendidikan
Anak, Teladan Rasulullah, Terj.
Bahrun
Abu bakar Ihsan Zubaidi, Lc., Bandung:
Irsyad Baitus Salam,
2005.
Abuddin,
Nata, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu,
1997.
Adnan
Kamal, Taufik, Islam dan Tantangan Modernitas (Studi Atas Pemikiran
Hukum Fazlur Rahman), Bandung: Mizan, 1996.
Ahmad
bin Hambal ,Al Imam, Musnad Juz II, Beirut : Darul Kutub al Ilmiyah.
Ahmadi, Manusia
Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Yogyakarta : Aditya
Media, 1992.
Al-Abrasy, M. Athiyah, Dasar-dasar Pokok Pendidikan
Islam, terj. Bustami A.
Gani dan Djohar Bahry, L.I.S., Jakarta: Bulan Bintang,
1970.
Al-Ghazali, Akhlak Seorang Muslim, terj.
Mhd Arifin, Semarang: Wicaksana,
1993.
Al-Syaibany, Omar Muhammad al-Toumy, Filsafat
Pendidikan Islam, terj. Hasan
Langgulung, Jakarta:
Bulan Bintang, 1979.
Ali
,Hamdan, H. B., Filsafat Pendidikan, Yogyakarta : Kota Kembang, 1987.
Alya,
Qonita, Kamus Besar Bahasa Indonesia
Untuk Pendidikan Dasar,
Bandung : PT Indah Jaya Adipratama, 2002.
Amin,
Ahmad, Etika (Ilmu Akhlak), terj. K.H. Farid Ma’ruf, Jakarta : Bulan
Bintang, 1975.
Arifin,
M., Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta : Bumi Aksara, 2000.
Azwar,
Saifuddin, Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2001.
Bakry,
Sama’un, M.Ag., Menggagas Konsep Ilmu Penddikan Islam, Bandung:
Pustaka Bani Qurasy, 2005.
Daradjat,
Zakiah, dkk., Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996.
Dendy,
Sugono, dkk., Kamus Bahasa Indonesia Jakarta: Pusat Bahasa
Departemen Pendidikan Nasional, 2008.
Depag RI, Al-Qur’an Al-Karim dan Terjemahnya,
Semarang: PT. Karya Toha
Putra, 1996.
Departemen
Agama Republiik Indonesia, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Semarang
: PT. Kumudasmoro Grafindo, 1994.
Djatnika,
Rahmat, Sistem Ethika Islami (Akhlak Mulia), Jakarta : Balai Pustaka,
1994.
Hadi,
Sutrisno, Metode Research ,Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM, 1987.
Hasbullah,
Kapita Selekta Pendidikan Islam Di Indonesia, Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada,1996.
Syafi’i
Ma’arif, A., et.al., Pendidikan Islam Di Indonesia (Antara Cita dan
Fakta),
Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Yogya, 1991.
Idris,
Muhammad, Mempersiapkan Anak Sholeh (Studi Pemikiran Abdullah
Nashih Ulwan),
Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga, 2004.
Indarti,
Sri, Pendidikan Anak Dalam Islam (Studi Komparasi Dr. Abdullah
Nashih Ulwan Dan Prof. Dr. Zakiah Dradjat , Salatiga : STAIN, 2003.
Jalaluddin,
Teologi Pendidikan,Jakarta ; PT. Raja Grafindo Persada, 2001.
Khalid
bin Abdurrahman, Syekh Al-‘Akk, Cara Islam Mendidik Anak, terj. H.
Muhammad Halabi Hamdi, S.Ag. dan Muhammad
Fadhil Afif, Lc.,
Jogjakarta: Ad-Dawa’, 2006.
Mansur,
Dr. M.A., Pendidikan Anak Usia Dini
Dalam Islam, Yogyakarta :
Pustaka Pelajar, 2009.
Marimba, Ahmad D., Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Cet. VIII, Bandung:
Ma’arif, 1989.
Marinah,
Konsep Pendidikan Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan (Perspektif
Psikologi Madzhab Ketiga), Salatiga : STAIN, 2000.
Miri,
Jamaludin , Pendidikan Anak Dalam
Islam, Jakarta : Pustaka
Amani, 2002.
Munir, Sirojul, Relevansi Pemikiran Abdullah
Nashih Ulwan Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam, Jepara: INISNU, 2012
Poerbakawatja,
R. Soegarda dan H.A.H. Harahap, Ensiklopedi Pendidikan,
Jakarta : Gunung Agung, 1982.
Purwanto
,M. Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis, Bandung : Remaja
Rosdakarya, 2000.
Raharjo,
dkk., Pemikiran Pendidikan Islam, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 1999.
Rakhmat,
Jalaluddin, Catatan Kang Jalal (Visi Media, Politikdan Pendidikan),
Bandung: Rosdakarya, 1998.
Shihab,Quraish, Wawasan Al-Qur’an; Tafsir Maudhu’i
atas berbagai Persoalan
Umat, Bandung : Mizan,
2003.
Subidi,
Abdul Wahab Asy-Sya’roni Sufisme Dan Pengembangan Karakter, Yogayakarta:
Kaukaba Dipantara, 2015.
Syaefuddin,
A., Percikan Pemikiran Al Ghozali, Bandung: Pustaka Setia.
Tafsir ,Ahmad, Ilmu Pendidikan
Dalam Prespektif Islam, Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya, 2001.
Umary,
Barmawie, Materi Akhlak, Solo : Ramadhani, 1995.
Undang-undang RI, Sistem Pendidikan Nasional,
Semarang: Aneka Ilmu, 2003.
Ulwan,Abdullah
Nashih, Pedoman Pendidikan Islam, terj. Drs. Saifullah Kamlie,
LC. dan Drs. Hery Noer Ali, Jilid I, Semarang:
CV Asy Syifa’, 1993.
Yahya, Idris, Telaah Akhlaq
dari Sudut Teoritis, Fakultas Ushuludin IAIN
Walisongo, Semarang,
1983.
Yunus Mahmud, Pokok-pokok Pendidikan dan Pengajaran,
Jakarta: Hida Karya
Agung, 1978.
Yusuf,
Muhammad Zain, Akhlak Tasawuf, Semarang : Fak. Dakwah IAIN
Walisongo, 1986.
Zuhairini,
dkk., Metodologi Pendidikan Agama, Bandung : Ramadhani, 1993