BAB III
BIOGRAFI DAN PEMIKIRAN ABDULLAH
NASHIH ULWAN TENTANG
PENDIDIKAN AKHLAK
A. Biografi Abdullah Nashih Ulwan
Tidak banyak sumber data
untuk biografi Dr. Abdullah Nashih Ulwan. Biografi Dr. Abdullah Nashih Ulwan
ini penulis susun sebagian besar bersumber pada
tulisan Muhammad Abdulloh
Uswah bin Suradi[1] dan
beberapa tambahan dari biodata penulis dalam buku Tarbiyatul Aulad fil Islam
jilid II dan سيرة الشيخ dalam situs http://www.abdullahelwan.net/.
Dr. Abdullah Nashih Ulwan
dilahirkan pada tahun 1928 di Daerah Qadhi Askar yang terletak di kota Halab,
Syria. Beliau dibesarkan dalam keluarga yang berpegang teguh pada agama dan mementingkan
akhlak Islam dalam pergaulan dan muamalat sesama manusia.
Ayah Dr. Abdullah Nashih
Ulwan adalah Syeikh Said Ulwan. Syeikh Said Ulwan di kalangan masyarakat
dikenal sebagai seorang ulama dan tabib yang disegani. Selain menyampaikan
risalah Islam di seluruh pelosok kota Halab, beliau juga menjadi tumpuan untuk
mengobati berbagai penyakit dengan ramuan akar kayu yang dibuat sendiri. Ketika
merawat pasien, lidahnya senantiasa membaca Al-Quran dan menyebut nama Allah.
Syeikh Said Ulwan
senantiasa mendoakan semoga anak-anaknya lahir sebagai seorang ulama (murabbi)
yang dapat memandu masyarakat. Allah mengabulkan doa beliau dengan lahirnya
Abdullah Nashih Ulwan. Pada akhirnya Dr.
Abdullah Nashih Ulwan menjadi seorang ulama (murabbi), pendidik rohani
dan jasmani yang disegani di abad ini.
Dr. Abdullah Nashih Ulwan
mulai terjun sebagai pendakwah (da’i) setelah lulus dari Al-Azhar. Dr. Abdullah
Nashih Ulwan kemudian dilantik sebagai guru sebuah lembaga pendidikan di kota
Halab.
Dr. Abdullah Nashih
Ulwanlah orang pertama yang memperkenalkan mata pelajaran Tarbiyah Islamiyah
sebagai mata pelajaran dasar pada kurikulum pada lembaga pendidikan tersebut.
Selanjutnya mata pelajaran Tarbiyah Islamiyah ini menjadi mata pelajaran
yang wajib diambil oleh pelajar-pelajar tingkat menengah di seluruh Syria.
Dr. Abdullah Nashih Ulwan
telah meletakkan suatu prinsip dasar sebagai senjata pendidikan Islam yang
sangat berkesan dalam mendidik generasi muda. Prinsip yang digunakan ialah guru
sebagai orangtua pelajar, mendidik mereka seperti mendidik anak-anak sendiri.
Beliau telah meletakkan prinsip yang sangat tinggi dalam pendidikan, yaitu
membawa dan membimbing pelajar ke arah mencintai Islam dan berakhlak islami
serta sanggup melakukan apa saja untuk memenangkan Islam.
Semasa menjadi guru di
lembaga pendidikan di kotar Halab, Dr. Abdullah Nashih Ulwan telah menerima
berbagai undangan untuk menyampaikan kuliah dan ceramah di berbagai tempat.
Selain itu Dr. Abdullah Nashih Ulwan juga menjadi penceramah di beberapa
universitas di Syria.
Dr. Abdullah Nashih Ulwan
tidak pernah mengenal lelah dan letih untuk menyebarkan risalah Allah; agama
Islam. Seluruh waktunya diberikan untuk dakwah islamiyah. Masjid-masjid
di sekitar Halab dan sekitarnya senantiasa dipadati pengunjung untuk mendengar
kuliah yang beliau sampaikan. Di mana saja Dr. Abdullah Nashih Ulwan
menyampaikan ceramah dan kuliah selalu dibanjiri ribuan manusia. Masyarakat
yang dahaga akan ilmu pengetahun dan tarbiah Islamyiah akan menjadikan
Dr. Abdullah Nashih Ulwan sebagai tempat rujukan.
Dr. Abdullah Nashih Ulwan
turut berjuang menghapuskan faham jahiliyah dan kebodohan dalam pemikiran
masyarakat dengan nasehat-nasehat yang bersumber pada cahaya hidayah rabbani.
Beliau telah menggunakan Masjid Umar bin Abd Aziz sebagai pusat pendidikan
generasi muda di Syria. Kuliah yang disampaikan di masjid Umar bin Abd Aziz
meliputi materi Fiqh, Tafsir dan Sirah (Sejarah). Di samping memberi
kuliah keagamaan atau pengajian, Dr. Abdullah Nashih Ulwan juga telah mendidik
pemuda-pemuda dengan ketrampilan berpidato, kepenulisan serta ketrampilan
berdakwah.
Hasil pendidikan yang
dilakukan Dr. Abdullah Nashih Ulwan ini adalah telah lahirnya ratusan generasi
muda yang berakhlak mulia dan menjadi agen penggerak dakwah Islamyiah di
Syria.
Walaupun sibuk dengan tugas
menyampaikan risalah Islam di berbagai tempat, Dr. Abdullah Nashih Ulwan juga
terkenal di kalangan masyarakat sebagai seorang yang berbudi luhur. Dr.
Abdullah Nashih Ulwan menjalin hubungan baik dengan anggota masyarakat dan
senantiasa bersedia menolong masyarakat apabila diperlukan. Dr. Abdullah Nashih
Ulwan juga mempunyai hubungan yang sangat erat dengan ulama-ulama Syria. Bahkan
Dr. Abdullah Nashih Ulwan juga menjadi anggota Majlis Ulama Syria. Beliau
sangat dihormati di kalangan mereka.
Dr. Abdullah Nashih Ulwan
adalah seorang yang giat dalam gerakan Islam. Dr. Abdullah Nashih Ulwan
mengabdikan diri untuk dakwah dan bergabung dengan Jam’iyah lkhwanul Muslimin. Dr. Abdullah
Nashih Ulwan menjalin hubungan yang erat dengan Asy-Syahid Abdul Qadir `Audah,
Sayyid Qutb dan Al-Ustaz Abdul Badi' Shaqar (Rahimahumullah Jami'an).
Siapa saja yang menelusuri
jejak dakwah Islamiyah pasti akan diuji oleh Allah. Ujian
tersebut untuk membuktikan kebenaran dakwah yang dibawa serta menambahkan
keyakinan dan ketawakkalan yang utuh hanya kepada Allah. Allahlah yang
berhak memberi nusrah kepada siapa yang dikehendaki. Dr. Abdullah Nashih
Ulwan juga menerima ujian ini, sehingga memaksa beliau meninggalkan Syria pada
tahun 1979 menuju ke Jordan. Semasa di Jordan beliau terus menjalankan peranan
sebagai da’i. Beliau selalu menyampaikan kuliah dan ceramah di berbagai tempat.
Beliau juga menerima undangan di masjid-masjid untuk memberikan ceramah pada
acara-acara peringatan hari kebesaran Islam dan juga ceramah-ceramah umum.
Dr. Abdullah Nashih Ulwan
meninggalkan Jordan pada tahun 1980 setelah mendapat tawaran sebagai dosen di
Fakultas Pengajian Islam Universitas Malik Abdul Aziz, Jeddah, Saudi. Beliau
menjadi dosen di universitas tersebut hingga beliau wafat.
B. Karya
Abdullah Nashih Ulwan
Abdullah Nashih Ulwan sangat gemar
menulis, kertas dan pena selalu ada bersama beliau berada. Walaupun sibuk
dengan kuliah, undangan dan ceramah,
beliau tetap meluangkan waktu untuk
menulis. Beliau telah bisa menghasilkan hampir lima puluh kitab yang
membincangkan berbagai judul. Diantaranya kitab karangan[2]
beliau yang sangat terkenal ialah:
1) Ilâ waratsatil anbiya’ berisi tentang kewajiban menyampaikan ajaran
dengan hikmah dan ajaran kepada ulama’
2) At- takafulul ijma’i fil Islam (jaminan sosial dalam Islam)
buku ini banyak membahas urusan sosial
dilakukan oleh para pejabat pemerintahan
3) Hatta ya’lama asy-syabab (hingga para pemuda
mengetahui) buku ini lebih menekankan para pemuda terkait ilmu-ilmu yang harus
diketahui
4) Shalahuddin al-ayyubi berisi tentang kejayaan Islam
pada masa Shalahuddin al- ayyubi
5) Tarbiatul aulad fil Islam (pendidikan anak dalam Islam)
buku ini
adalah karya menumentalnya beliau yang mengupas secara konprehensif tentang
begaimana menerapkan pendidikan anak secara Islam[3]
6) Hukmul Islam fit-tilfiziyyun (hukum Islam tentang
televisi) disini beliau membahas tentang bahaya dan berbagai pengaruh
negatifnya audio visual yang ditujukan kepada orang awam
7) Syubuhad wa ar-rudud (keragu-raguan dan
berbagai sanggahan) buku ini banyak menekankan pentingnya belajar mengetahui
ilmi-ilmu yang menyimpang dan solusinya, sehingga terbebas dari aqidah yang
sesat
8) Ahkam al- shiyam (hukum-hukum puasa)
9) Ahkam al- zakat (hukum-hukum zakat)
10) Ahkam at-ta’min (hukum-hukum asuransi) didalam buku ini beliau
menyebutkan bahaya asuransi serta menjelaskan penggantinya yang benar dan
jaminan sosial berdasarkan asas-asas Islam
11) Ila Kulli
Abin Ghayyur Yu`min billah (Perubahan menuju keimanan kepada Allah)
12) Fadha`ilul
al-Shiyam wa ahkamuhu (keutamaan puasa dan beberapa hokum berpuasa)
13) Hukmu
al-Ta`min Fil-Islam (Hukum asuransi dalam Islam)
14) Syubhat
wa Rudud Haulal al -Aqidah wa Ashlul al-Insan (syubhat dan penolakan aturan pada Aqidah dan
asal manusia)
15) Aqabatul
al -Zawaj wa thuruqu Mu`alajatiha `ala Dhanil al- Islam(Sebab-sebab
pernikahan dan mempercepat menikah dalam pendangan Islam)
16) Mas`uliyatul
al-Tarbiyah al-Jinsiyyah (jenis-jenis pendidikan yang unggul)
17) Hukmul
al-Islam fi Wasa`ilil al-I`lam (hukum Islam dalam masalah pengertian)
18) Takwinu
al-Syakh Syiyyah al-Insaniyyah fi Nazharil al-Islam (pendapat khusus
manusia di dalam kejelasan Islam)
19) Adabul
al-Khitbah wa al-Zilaf wa haququl al-Zaujain (tata kerama khitbah dan derajat serta hak-hak
suami istri)
20) Ma`alimul
al-Hadharah al-Islamiyyah wa Atsaruha fil al-Nahdhah al-Aurubiyyah
21) Nizhamul
al-Rizqi fil al-Islam (cara menarik rizki dalam Islam)
22) Hurriyatul
al-I`tiqad Fil al-Syari`ah al-Islamiyyah (kebebasan
beri’tiqod di dalam syariat Islam)
23) Al-Islam
Syari`atul al-Zaman wa al-Makan (syariat Islam pada waktu dan tempat)
24) Al-Qaumiyyah
fi Mizanil al-Islam (kepastian dalam timbangan Islam)
C. Pemikiran
Abdullah Nashih
Ulwan dalam Kitab Tarbiyatul Aulad fil Islam Tentang Akhlak
1.
Pengertian
dan Ruang Lingkup Pendidikan Akhlak
Pembentukan akhlak anak merupakan bagian dari pendidikan akhlak (التربية
الخلقيّة). Adapun
yang dimaksud dengan
pendidikan akhlak menurut
Dr. Abdullah Ulwan adalah;
“Serangkaian
prinsip dasar akhlak dan keutamaan sikap serta watak atau tabiat yang harus
dimiliki dan dijadikan kebiasaan oleh anak sejak masa pemula hingga ia menjadi
seorang muallaf yakni siap mengarungi lautan kehidupan. [4]
Dr. Abdullah Nashih Ulwan juga mengutip dan sependapat dengan Imam
Ghazali yang menyatakan bahwa cara memelihara anak yang baik adalah dengan
mendidik dan mengajarkan akhlak yang mulia kepadanya. [5]
Menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan bentuk-bentuk tanggung jawab orang
tua dalam bidang pendidikan akhlak anak antara lain[6];
1.
memperbaiki
jiwa
2.
meluruskan
penyimpangan
3.
mengangkat
(menghidarkan) dari kehinaan
4.
menganjurkan
pergaulan dengan orang lain secara baik
5.
membiasakan
berlaku benar sejak kecil
6.
membiasakan
untuk dapat dipercaya
7.
mengajarkan
ke-istiqamah-an
8.
mendidik
untuk mementingkan orang lain
9.
membiasakan
untuk menolong orang yang membutuhkan bantuan
10.
mendidik
untuk menghargai (menghormati) orang tua
11.
mendidik
untuk menghormati tamu
12.
membiasakan
untuk berbuat baik kepada tetangga sejak kecil
13.
mengajarkan
untuk mencintai orang lain.
14.
membersihkan
lidah anak dari kata-kata kotor
15.
mengajarkan
untuk mengasihi dan menyayangi yatim, kaum fakir, janda, dan kaum miskin.
2.
Hubungan
Pendidikan Akhlak dan Pendidikan Iman
Dr. Abdullah Nashih Ulwan, dalam buku Tarbiyatul Aulad fi
Al-Islam menempatkan pendidikan akhlak pada
urutan kedua dalam tujuh tanggung jawab pendidik yang
Beliau susun secara hirarkis. Adapun urutan pertama adalah pendidikan iman.[7]
Pendidikan akhlak sangat berhubungan dengan pendidikan iman.
Pendidikan iman merupakan dasar dari enam aspek pendidikan lainya; pendidikan
akhlak, pendidikan fisik, pendidikan rasio (nalar), pendidikan psikologis
(kejiwaan), pendidikan sosial, dan pendidikan seksual.
Bagi Dr. Abdullah Nashih Ulwan, iman kepada Allah swt. merupakan
dasar pendidikan akhlak dan kejiwaan anak-anak. Ada hubungan yang erat antara
pendidikan iman dan pendidikan akhlak. Berdasarkan beberapa pemikiran para ahli
pendidikan dan moral kenamaan tingkat dunia, Dr. Abdullah Nashih Ulwan menyimpulkan
bahwa;
“Iman
kepada Allah swt. merupakan dasar pendidikan perbaikan dan pendidikan bagi
anak-anak baik secara moral maupun psikis. …...dan ada pertalian yang erat
antara iman, akhlak, dan akidah, dengan perbuatan.” [8]
Pada bagian lain Dr. Abdullah Nashih Ulwan menyatakan bahwa;
“akhlak,
sikap dan tabiat merupakan salah satu buah iman yang kuat dan pertumbuhan sikap
keragamaan seseorang yang benar.” [9]
“pendidikan
iman merupakan faktor yang dapat meluruskan tabiat yang menyimpang dan
meperbaiki jiwa kemanusian. Tanpa pendidikan iman, maka perbaikan, ketentraman
dan moral tidak akan tercipta.” [10]
Salah satu unsur dari pendidikan iman adalah memerintah anak untuk
beribadah ketika telah memasuki usia tujuh tahun. [11]
Perintah beribadah kepada anak ini merupakan salah satu faktor yang sangat
mendukung bagi pembentukan akhlak anak, terutama akhlak kepada Allah.
“…..sehingga
ketika anak tumbuh besar, ia telah terbiasa melakukan dan terididik untuk
mentaati Allah, melaksanakan hak-Nya, bersyukur kepada-Nya, kembali kepada-Nya,
berpegang teguh kepada-Nya, bersandar kepada-Nya dan berserah diri kepada-Nya.
Di samping itu, anak akan mendapatkan kesucian
rohani, kesehatan jasmani, kebaikan akhlak, perkataan dan perbuatan di dalam ibadah-ibadah ini.” [12]
Salah satu unsur pendidikan iman yang mempunyai hubungan dengan
pembentukan akhlak anak adalah mendidik anak untuk membaca Al-quran. Menurut
Dr. Abdullah Nashih Ulwan, salah satu hasil dari pendidikan Al-Qur’an kepada
anak adalah;
“lisan
mereka menjadi mulia, hati mereka menjadi tenang, air mata mudah berlinang dan
iman serta keyakinan akan meresap di dalam jiwa mereka.” [13]
Pada bagian selanjutnya Dr. Abdullah Nashih Ulwan
semakin menyakinkan bahwa pendidikan Al-qur’an kepada anak dapat menjamin
keselamatan anak dari kenakalan;
“…sehingga
mereka dapat menjamin keselamatan akidah anak dari penyimpangan, kemurtadan dan
kenakalan.” [14]
3.
Subjek
Pembentukan Akhlak Anak
Dr. Abdullah Nashih Ulwan selalu merujuk pada Al-Qur’an dan Hadits
dalam menguraikan metode pendidikan. Begitu juga dalam hal pendidikan akhlak.
Menurut Dr. Abdullah Nashih Ulwan, Islam sangat memperhatikan pendidikan
anak-anak dari aspek akhlak dan memberikan petunjuk yang sangat berharga dalam
membentuk anak dan mengajarkan akhlak yang tinggi. [15]
Berdasarkan hadist Rasulullah SAW yang
diriwayatkan At Tirmidzi dibawah ini:
َلأَنْ يُؤَدِّبَ الُّجُلُ وَلَدَهُ خَيْرٌ
مِنْ اَنْ يَتَصَدَّقَ بِصَاعٍ. (رواه
الترمذي)
“Seorang yang mendidik anaknya itu lebih baik
dari pada sedekah satu sha’.” (HR. At Tirmidzi)
مَانَحَلَ وَالِدٌ وَلَدًا أَفْضَـلُ مِنْ
اَدَبٍ حَسَنٍ. (رواه الترمذي)
“Seorang
ayah tidak pernah memberi kepada anaknya sesuatu yang lebih baik dari pada adab
yang mulia” (HR. At Tirmidzi)
Dikuatkan
lagi hadist yang diriwayatkan oleh Abdur Razzaq dan Sa’id bin Mansur di bawah ini:
عَلِّمُوْا أَوْلاَدَكُمْ وَأَهْلِيْكُمُ الْخَيْرَ
وَأَدِّبُوْهُمْ. (رواه
ابن عبدالرزاق وسعيد ابن منصور)
“Ajarkanlah
kebaikan kepada anak-anak kamu, dan keluarga kamu dan didiklah mereka” (HR. Abdur
Razzaq dan Sa’id bin Mansur).
Berdasarkan analisa atas beberapa hadits tentang
pendidikan akhlak, Dr. Abdullah Nashih Ulwan menyimpulkan bahwa yang paling
bertanggung jawab terhadap pendidikan akhlak anak-anak adalah orang tua.
“
para pendidik, terutama ayah dan ibu mempunyai tangung jawab sangat besar dalam
mendidik anak-anak dengan kebaikan dan dasar-dasar moral(akhlak).” [16]
Pemikiran Dr.
Abdullah nashih Ulwan ini sejalan dengan Jamaal Abdur Rahman. Menurut Beliau,
para ulama’ mengatakan bahwa seorang anak adalah amanat bagi kedua orang
tuanya. Berdasarkan Al-qur’an dan hadits, Jamaal Abdur Rahman menyimpulkan
bahwa mendidik dan mengajar anak merupakan tugas yang harus dilakukan oleh
setiap orang tua.[17]
4.
Metode
Pendidikan Akhlak Anak
Dr. Abdullah Nashih Ulwan menjelaskan lima metode pendidikan untuk
membentuk dan mempersiapkan anak secara mental dan moral, saintikal, spiritual,
dan sosial, sehingga anak dapat mencapai kematangan yang sempurna. Kelima
metode pendidikan anak tersebut adalah;[18]
a.
Pendidikan
dengan keteladanan
b.
Pendidikan
dengan adat istiadat
c.
Pendidikan
dengan nasihat
d.
Pendidikan
dengan memberikan perhatian
e.
Pendidikan
dengan memberikan hukuman.
1.)
Pendidikan
dengan keteladanan
Metode keteladanan dalam pendidikan
merupakan metode yang paling meyakinkan keberhasilannya dalam mempersiapkan dan
membentuk anak dalam moral, spiritual, dan sosial.[19]
Oleh karena itu orang tua dan pendidik di tuntut untuk menjadi contoh terbaik
bagi anak dan anak didiknya.
2.)
Pendidikan
dengan adat istiadat (meliputi pengajaran dan pembiasaan)
Yang dimaksud pengajaran adalah upaya
teoritis dalam perbaikan dan pendidikan. Adapun yang dimaksud dengan pembiasaan
adalah upaya praktis dan pembentukan atau pembinaan dan persiapan.
Dr. Abdullah Nashih Ulwan
menganjurkan para pendidik dan orang tua memusatkan perhatian pada pengajaran
anak-anak tentang kebaikan dan upaya membiasakannya sejak ia mulai memahami
realita kehidupan. [20]
Ada beberapa hal penting yang harus
diketahui oleh para pendidik dalam hal mengajarkan kebaikan kepada anak-anak
dan membiasakan mereka berbudi luhur. Hal-hal penting tersebut adalah;
a.
mengikuti
metode pemberian dorongan dengan kata-kata yang baik, memberi hadiah
b.
memakai
metode pengenalan untuk disenangi (targhib) dan pengenalan untuk dibenci
(tarhib)
c.
Jika
dipandang membawa maslahat, dapat memberikan hukuman untuk meluruskan anak
3.)
Pendidikan
dengan nasihat
Metode pendidikan dengan nasihat
merupakan metode yang penting sebab nasihat dapat membukakan mata anak-anak
pada hakekat sesuatu. Nasihat juga dapat mendorong anak untuk berakhlak mulia.
Nasihat juga dapat digunakan untuk membekali anak dengan prinsip-prinsip Islam.[21]
Nasihat yang tulus,
jika memasuki jiwa yang bening, hati yang terbuka, akal yang bijak dan
berpikir, maka nasihat tersebut akan mendapat tanggapan secepatnya dan meningkatkan
bekas yang dalam.[22]
Adapun metode penyampaian nasihat
dapat kita pelajari dalam Al-Quran dan sunnah Nabi. Metode Al-Quran dan
Rasulullah dalam memberikan nasihat dan pendidikan mempunyai ciri
tersendiri. Di antara ciri-ciri tersebut adalah sebagai berikut [23]
a.
Menggunakan
seruan untuk memberikan kepuasan dengan kelembutan atau penolakan.
b.
Menggunakan
metode cerita dengan disertai tamsil ibarat dan nasihat.
c.
Menggunakan
wasiat dan nasihat untuk memberi pengarahan. Pengarahan dapat dilakukan dengan
berbagai teknik;
1.
menggunakan
kata penguat (taukid)
2.
menggunakan
kata tanya yang berarti kecaman
3.
memberikan
argumentasi logika
4.
menggunakan
nilai-nilai Islam yang universal
5.
menggunakan
kaidah-kaidah yurisprudensi
6.
menggunakan
metode dialog
7.
menggunakan
sumpah kepada Allah
8.
menggunakan
humor untuk menghilangkan kejemuan,
9.
menggunakan
nasihat yang berwibawa
10.
memberikan
perumpamaan
11.
memberikan
peragaan tangan
12.
memberikan
peragaan gambar
13.
memberikan
peragaan praktis (praktek)
14.
mempergunakan
kesempatan bagi siapa saja yang hendak diberi petunjuk dan nasihat agar lebih
membekas.
15.
memilih
suatu permasalahan yang lebih penting
16.
menampakkan
sesuatu yang haram
4.)
Pendidikan
dengan memberikan perhatian
Pendidikan dengan memberi perhatian
adalah mencurahkan perhatian dan senantiasa mengikuti perkembangan anak dan
selalu bertanya tentang kesehatan jasmani dan pengetahuan ilmiahnya.[24]
Memberikan perhatian merupakan unsur
utama dari pendidikan anak, sehingga jika anak lalai, segera diperingatkan.
Jika anak melencengkan, segera diluruskan. Jika anak melihat kemungkaran,
segera dicegah agar tidak mendekatinya. Jika anak berbuat kebaikan, segera
mendapat motivasi dan ucapan terima kasih.[25]
5.)
Pendidikan
dengan memberikan hukuman. (Sanksi)
Metode Islam dalam memberikan hukum
kepada anak adalah sebagai berikut[26]:
1. lemah lembut dan kasih sayang.
2.
memperingatkan
atau menghukum dengan teknik yang sesuai dengan tabiat anak
3. dalam memperbaiki kesalahan anak, hendaknya
dilakukan secara bertahap, dari yang paling ringan hingga yang paling keras.
Adapun metode Rasulullah Saw. dalam
memperbaiki penyimpangan anak adalah sebagai berikut[27];
a.
menunjukkan
kesalahan dengan pengarahan
b.
menunjukkan
kesalahan dengan keramahtamahan
c.
menunjukkan
kesalahan dengan memberi isyarat
d.
menunjukkan
kesalahan dengan kecaman
e.
menunjukkan
kesalahan dengan memutuskan hubungan (meninggalkannya)
f.
menunjukkan
kesalahan dengan memukul
g.
menunjukkan
kesalahan dengan memberi hukuman yang menjerakan.
Pada bagian lain, Dr. Abdullah
Nashih Ulwan menguraikan secara lebih ringkas tentang cara dan dasar-dasar
pendidikan akhlak. Cara-cara dan dasar-dasar pendidikan akhlak tersebut adalah;[28]
- Menghindari peniruan dan taklid buta
- tidak terlalu larut dalam kesenangan dan kemewahan
- tidak memutar musik dan lagu-lagu porno
- tidak bersikap dan bergaya menyerupai wanita
- tidak bepergian, pamer diri, bergaul bebas, dan menyaksikan hal-hal yang haram.
Klasifikasi metode pendidikan
Islam oleh Dr. Abdullah Nashih Ulwan merupakan klasifikasi yang lebih lengkap
dan slebih sistematis apabila dibandingkan dengan pemikiran Syekh Khalid maupun
Jamaal Abdur Rahman.
Syekh Khalid bin Abdurrahman Al-‘Akk menguraikan metode pendidikan Islam
meliputi; mengikuti Al-Qur’an dan Sunah, teladan yang baik, nasihat yang baik,
dan motivasi.[29]
Sedangkan Jamaal Abdur Rahman tidak melakukan klasifikasi metode pendidikan
secara sistematis.
Adapun menurut Hamdani
Ihsan dan A. Fu’ad Ihsan sebagaiman dikutip Drs. H. Samaun Bakry, M.Ag.
mengklasifikasikan metode pendidikan Islam berdasarkan prinsip-prinsip
psikologis. Prinsip-prinsip tersebut meliputi; memberikan suasana kegembiraan,
memberikan layanan dan santunan dengan lemah lembut, memberikan model perilaku
yang baik, mendorong anak untuk praktek secara aktif, dan memberikan bimbingan
dan penyuluhan.[30]
5.
Faktor-faktor
yang Mempengaruhi Pendidikan Akhlak
Keberhasilan pendidikan anak dipengaruhi oleh tiga faktor utama;[31]
a.
Faktor
keluarga
Keluarga
yang dapat mendidik anak dengan baik merupakan faktor paling utama yang
menentukan keberhasilan pendidikan, termasuk di dalamnya pendidikan akhlak
b.
Faktor
lingkungan
Lingkungan
tempat bergaul anak juga dapat mempengaruhi dan membentuk gaya hidup dan tabiat
anak.
c.
Faktor
iklim pendidikan
Iklim
pendidikan yang kondusif akan membuat anak merasa nyaman dan betah dalam
menjalani pendidikan.
Dr.
Abdullah Nashih Ulwan menyatakan;
“Sehingga jika seorang anak
mendapat pendidikan dari keluarga yang baik, dibesarkan dalam lingkungan yang
sholeh serta iklim pendidikan yang kondusif, maka anak akan tumbuh besar dengan
landasan iman yang kuat, berakhlak mulia dan berpendidikan yang baik.” [32]
Ketiga faktor yang mempengaruhi
pendidikan akhlak anak di atas oleh Drs. Sama’un Bakry disebut milieu
yang meliputi; lingkungan alam dan lingkungan sosial. Lingkungan sosial
meliputi lingkungan keluarga (rumah tangga), sekolah, dan masyarakat. Drs.
Sama’un Bakry menyimpulkan bahwa para ahli pendidkan sepakat bahwa perkembangan
jiwa anak akan dipengaruhi oleh keadaan lingkungan tempat anak tersebut berada.[33]
6.
Penyebab
Kerusakan Akhlak
Dalam buku Tarbiyatul Aulad fi Al-Islam, Dr. Abdullah Nashih
Ulwan menguraikan beberapa fakta sosial tentang peran orang tua dan pengaruh
lingkungan terhadap pendidikan akidah dan akhlak anak. Beberapa penyebab
rusaknya akidah dan akhlak anak adalah; [34]
a.
orang tua
memasukkan anak pada lembaga pendidikan non-Islam
b.
orang tua
menyerahkan pendidikan anak pada guru kafir
c.
orang tua
memperkenankan anak membaca dan mengkaji buku-buku sekuler
d.
orang tua
mengendorkan perhatiannya terhadap anak sehingga bebas bergaul dengan
teman-teman yang jahat.
e.
orang tua
memberi kesempatan kepada anaknya begabung dengan organisasi kafir.
Selain faktor kelalaian orang tua,
Dr. Abdullah Nashih Ulwan juga menguraikan beberapa faktor penyebab timbulnya
perbuatan amoral dan kenakalan anak-anak. Faktor-faktor tersebut meliputi;[35]
a.
bergaul dengan
teman yang jahat
b.
menonton
film porno
c.
tersedianya
sarana untuk menyaksiskan adegan prono
d.
bacaan
cabul
e.
membuka aurat
f.
lemahnya
pengawasan orang tua saat anak keluar rumah
g.
lemahnya
pemantauan orang tua terhadap barang-barang anak
Pada sisi lain, Dr. Abdullah Nashih
Ulwan mengingatkan para orang tua dan pendidik untuk mengindarkan anak-anak
dari akhlak-akhlak tercela yang sudah menjadi fenomena di mana-mana.
Akhlak-akhak tercela tersebut adalah[36];
a.
Suka
berbohong
- Suka mencuri
- Suka mencela dan mencemooh
- Kenakalan dan penyimpangan
[1]Muhammad Abdulloh
Uswah bin
Suradi, “Dr Abdullah Nasih Ulwan Selagi Nadi Berdenyut Pena
Sentiasa Menulis” http://tamanulama.blogspot.com/2008/01/dr-abdullah-Nashih-ulwan-selagi-nadi.html. hlm. 1--4. Biografi Dr. Abdullah Nashih Ulwan dalam
situs ini disusun dengan rujujan utama Muqaddimah Silsilah Madrasah Du’at (Jilid 1)
[2] Abdullah Nashih Ulwan, Pedoman Pendidikan
Islam, terj. Drs. Saifullah Kamlie Dan Drs. Hery Noer Ali, Semarang : CV
Asy Syifa’, 1993, h. 5
[4] Dr. Abdullah
Nashih Ulwan, Pedoman Pendidikan Islam, terj. Drs. Saifullah Kamlie, LC.
dan Drs. Hery Noer Ali, (Semarang: CV Asy Syifa’, 1993) Jilid I. hlm.193
[5] Ibid. hlm.170
[6] Ibid. hlm.199-200
[7] Dr. Abdullah Nashih Ulwan, op.cit.
hlm.167
[8] Ibid. hlm.188
[9] Ibid. hlm.193
[10] Ibid. hlm.196
[11] Ibid. hlm.167
[12] Ibid. hlm.167-168
[13] Ibid. hlm.169
[14] Ibid. hlm.170
[15] Ibid. hlm.167
[16] Ibid. hlm.179-199
[17] Jamaal Abdur Rahman, Tahapan Mendidikan Anak, Teladan
Rasulullah, Terj. terj. Bahrun Abu bakar Ihsan Zubaidi, Lc., (Bandung: Irsyad Baitus Salam, 2005). hlm.16-17
[18] Dr. Abdullah Nashih Ulwan, op.cit. Jilid II. hlm. 1--2
[19] Ibid. hlm.2
[20] Ibid.
[21] Ibid. hlm.64
[22] Ibid. hlm.68
[23] Ibid. hlm.71--116
[24] Ibid. hlm.123
[25] Ibid. hlm.126
[26] Ibid. hlm.155-158
[27] Ibid. hlm.159-162
[28] Ibid. hlm. 212--220
[29] Syekh Khalid bin Abdurrahman Al-‘Akk, Cara Islam Mendidik Anak, terj.
H. Muhammad Halabi Hamdi, S.Ag. dan Muhammad Fadhil Afif, Lc., (Jogjakarta: Ad-Dawa’, 2006).
213-227
[30]Drs. H. Sama’un Bakry, M.Ag. Menggagas Konsep Ilmu Penddikan
Islam, (Bandung:
Pustaka Bani Qurasy, 2005), hlm.84-87
[31] Dr. Abdullah Nashih Ulwan, op.cit. Jilid I hlm.170
[32] Ibid. hlm.170
[33] Drs. H. Sama’un Bakry, M.Ag. op.cit., hlm. 96-98
[34] Dr. Abdullah Nashih Ulwan, op.cit. Jilid I. hlm.172-173
[35] Ibid. hlm. 236--237
[36] Ibid. hlm. 200