BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Seiring dengan kemajuan teknologi
yang mengglobal telah berpengaruh dalam segala
aspek kehidupan
baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni dan bahkan di dunia pendidikan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.
baik di bidang ekonomi, politik, kebudayaan, seni dan bahkan di dunia pendidikan. Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia.
Dimasa depan, arus perkembangan tekhnologi akan melaju semakin
cepat. Hal ini menuntut manusia untuk dapat beradaptasi dengan perkembangan
tekhnologi tersebut, jika tidak mau ketinggalan zaman. Dengan kondisi yang
seperti ini, maka pendidikan tidak akan terlepas dari internet, komputer, dan
fasilitas tekhnologi lainnya sebagai alat bantu utama dalam proses pendidikan.
Pendidikan dimaksudkan untuk mempersiapkan anak-anak bangsa
menghadapi masa depan dan menjadikan bangsa ini bermartabat di antara
bangsa-bangsa lain di dunia. Masa depan yang selalu berkembang menuntut
pendidikan untuk selalu menyesuaikan diri dan menjadi lokomotif dari proses
kemajuan teknologi.
B.
Rumusan Masalah
Dari uraian latar belakang masalah diatas, makalah ini
dapat kita rumuskan rumusan masalah sebagai berikut:
1.
Apa pengertian teknologi?
2.
Bagaiman perkembangan
teknologi dalam dunia pendidikan?
3.
Apa peran teknologi dalam
pendidikan?
4. Bagaiman Pengaruh
Positif Teknologi Terhadap Dunia Pendidikan?
5. BagaimanaPengaruh Negatif Teknologi terhadap
Dunia Pendidikan?
C.
Tujuan Penulisan
Dari paparan
rumusan masalah diatas, maka penulisan makalah ini tujuannya adalah:
1.
Untuk mengetahui pengertian teknologi.
2.
Untuk menjelaskan perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan.
3.
Untuk mengetahui peran teknologi dalam pendidikan
4.
Untuk menjelaskan
Pengaruh Positif Teknologi Terhadap Dunia Pendidikan
5.
Untuk menjelaskan
Pengaruh Negatif Teknologi terhadap Dunia Pendidikan
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Teknologi
Nana Syaodih S. menyatakan
bahwa sebenarnya sejak dahulu teknologi sudah ada atau manusia sudah
menggunakan teknologi. Kalau manusia pada zaman dahulu memecahkan kemiri dengan
batu atau memetik buah dengan galah, sesungguhnya mereka sudah menggunakan
teknologi, yaitu teknologi sederhana.
Terkait dengan teknologi,
Anglin mendefinisikan teknologi sebagai penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam
serta pengetahuan lain secara bersistem dan menyistem untuk memecahkan masalah.
Ahli lain, Kast & Rosenweig menyatakan Technology is the art of utilizing
scientific knowledge. Sedangkan Iskandar Alisyahbana (1980:1) merumuskan lebih
jelas dan lengkap tentang definisi teknologi yaitu cara melakukan sesuatu untuk
memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan
memperpanjang, memperkuat, atau membuat lebih ampuh anggota tubuh, panca
indera, dan otak manusia.
Menurut Iskandar Alisyahbana Teknologi telah dikenal
manusia sejak jutaan tahun yang lalu karena dorongan untuk hidup yang lebih
nyaman, lebih makmur dan lebih sejahtera. Jadi sejak awal peradaban sebenarnya
telah ada teknologi, meskipun istilah “teknologi” belum
digunakan. Istilah “teknologi” berasal dari “techne “ atau cara dan “logos”
atau pengetahuan. Jadi secara harfiah teknologi dapat diartikan pengetahuan
tentang cara. Pengertian teknologi sendiri menurutnya adalah cara melakukan
sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan akal dan alat, sehingga
seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau membuat lebih ampuh anggota tubuh,
pancaindra dan otak manusia.Sedangkan menurut Jaques Ellul memberi arti
teknologi sebagai” keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan
memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.[1]
B. Perkembangan Teknologi dalam Dunia Pendidikan
Menghadapi abad ke-21, UNESCO melalui “The International Commission on Education
for the Twenty First Century” merekomendasikan Pendidikan yang
berkelanjutan (seumur hidup) yang dilaksanakan berdasarkan empat pilar proses
pembelajaran, yaitu : Learning to
know (belajar untuk menguasai pengetahuan), learning to do (belajar untuk mengetahui keterampilan), learning to be (belajar untuk
mengembangkan diri), dan Learningto
live together (belajar untuk hidup bermasyarakat), untuk dapat mewujudkan
empat pilar pendidikan di era globalisasi informasi sekarang ini, para guru
sebagai agen pembelajaran perlu menguasai dan menerapkan Teknologi Informasi
dan Komunikasi dalam pembelajaran.
Komunikasi sebagai
media pendidikan dilakukan dengan menggunakan media-media komunikasi seperti
telepon, komputer, internet, e-mail dan lain sebagainya. Interaksi antar guru
dan siswa tidak hanya dilakukan melalui hubungan tatap muka dan juga dilakukan
dengan menggunakan media-media tersebut. Guru dapat memberikan layanan tanpa
harus berhadapan langsung dengan siswa. Demikian pula siswa dapat memperoleh
informasi dalam lingkup yang luas dari berbagai sumber media cyber space atau ruang maya dengan
menggunakan komputer atau internet. [2]
Hal yang paling mutakhir adalah
berkembangnya apa yang disebut “cyber
teaching” atau pengajaran Maya, yaitu proses pembelajaran yang dilakukan
dengan menggunakan internet. Istilah lain yang makin populer saat ini ialah e-learning yaitu satu model pembelajaran
dengan menggunakan media Teknologi Komunikasi dan Informasi khususnya Internet.
Menurut Rosenberg (2001), e-learning merupakan satu penggunaan
Tekonologi Internet dalam penyampaian pembelajaran dalam jangkauan luas.
Sebagai sebuah
proses, teknologi pendidikan bersifat abstrak. Dalam hal ini teknologi
pendidikan bisa dipahami sebagai sesuatu proses yang kompleks, dan terpadu yang
melibatkan orang, prosedur, ide, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis
masalah, mencari jalan untuk mengatasi permasalahan, melaksanakan, menilai dan
mengelola pemecahan masalah tersebut yang mencakup semua aspek belajar manusia,
Sejalan dengan hal tersebut, maka lahirnya Teknologi Pendidikan yang mencuat
saat ini, meliputi pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan, peningkatan mutu/kualitas,
relevansi, dan efisiensi pendidikan. Permasalahan serius yang masih dirasakan
oleh pendidikan mulai dari pendidikan dasar hingga pendidikan tinggi adalah
masalah Kualitas tertentu saja, ini dapat dipecahkan melalui pendekatan
Teknologi Pendidikan.[3]
Teknologi pembelajaran
terus mengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Dalam
pelaksanaan pembelajaran sehari-hari kita sering jumpai adanya pemfaatan dari
perkembangan Teknologi dalam dunia pendidikan, seperti yang sering dilakukan oleh
guru atau dosen yaitu mengkombinasikan alat teknologi dalam peroses
pembelajaran.
Internet merupakan
salah satu alat komunikasi yang murah dimana memungkinkan terjadinya interaksi
antara dua orang atau lebih. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan
terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-learning) menjadi lebih
efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal.
Namun demikian, dalam kehidupan
sehari-hari, kita tidak boleh lupa bahwa Teknologi itu tidak hanya mendatangkan
manfaat positif, melainkan juga akan dapat mendatangkan dampak negatif, inilah
yang harus tetap kita waspadai. Mengingat saat sekarang ini sering kita jumpai
dimana-mana banyak para pelajar dan mahasiswa yang sering menggunakan fasilitas
Teknologi tidak sesuai dengan yang diharapkan, sehingga hal ini dapat
mendatangkan dampak yang negatif.
C.
Peran Teknologi Dalam Pendidikan
Teknologi memiliki peranan yang cukup banyak dalam sektor
pendidikan, diantaranya:
1. Teknologi sebagai sumber bahan belajar. Hal ini mengenai buku dan bahan
belajar yang diperbaharui secara kontinyu dengan menggunakan teknologi. Karena
tanpa teknologi, pembelajaran yang
up-to-date membutuhkan waktu yang cukup lama.
2. Teknologi sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran. Seperti yang kita
ketahui, fasilitas teknologi sangat membantu proses pembelajaran. Contohnya,
dalam menyampaikan informasi, dengan menggunakan fasilitas multimedia informasi
akan cepat sampai ke peserta didik dengan lebih akurat karena dengan adanya
berbagai fasilitas multidedia tersebut, peserta didik lebih termotivasi untuk
belajar dan mengeksplorasi pengetahuannya secara lebih luas.
3. Teknoogi sebagai pendukung manajemen pembelajaran. Teknologi sangat
mendukung dalam hal mengelola pembelajaran, karena pada dasarnya tiap individu
memerlukan dukungan pembelajaran yang tanpa henti.[4]
D.
Pengaruh
Positif Teknologi Terhadap Dunia Pendidikan
1. Munculnya Media Massa, khususnya Media elektronik sebagai sumber ilmu dan
pusat Pendidikan. Seperti jaringan Internet, Lab. Komputer Sekolah dan
lain-lain. Dampak dari hal ini yaitu guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu
pengetahuan, sehingga siswa dalam belajar tidak perlu terlalu terpaku terhadap
Informasi yang diajarkan oleh guru, tetapi juga bisa mengakses materi pelajaran
langsung dari Internet, olehnya itu guru disini bukan hanya sebagai pengajar,
tetapi juga sebagai pembimbing siswa untuk mengarahkan dan memantau jalannya
pendidikan, agar siswa tidak salah arah dalam menggunakan Media Informasi dan
Komunikasi dalam pembelajaran.
2. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang memudahkan siswa dan
guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan Teknologi terciptalah
metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi yang abstrak,
karena materi tersebut dengan bantuan Teknologi bisa dibuat abstrak, dan dapat
dipahami secara mudah oleh siswa.
3. Sistem pembelajaran tidak harus melalui tatap muka. Selama ini, proses
pembelajaran yang kita kenal yaitu adanya pembelajaran yang disampaikan hanya
dengan tatap muka langsung, namun dengan adanya kemajuan teknologi, proses
pembelajaran tidak harus mempertemukan siswa dengan guru, tetapi bisa
juga menggunakan jasa pos Internet dan lain-lain.
4. Adanya sistem pengolahan data hasil penilaian yang menggunakan pemamfaatan
Teknologi. Dulu, ketika orang melakukan sebuah penelitian, maka untuk melakukan
analisis terhadap data yang sudah diperoleh harus dianalisis dan dihitung
secara manual. Namun setelah adanya perkembangan IPTEK, semua tugasnya yang dulunya
dikerjakan dengan manual dan membutuhkan waktu yang cukup lama, menjadi sesuatu
yang mudah untuk dikerjakan, yaitu dengan menggunakan media teknologi, seperti
Komputer, yang dapat mengolah data dengan memamfaatkan berbagai program yang
telah di installkan.
E.
Pengaruh
Negatif Teknologi terhadap Dunia Pendidikan
Disamping dampak positif yang ditimbulkan
oleh perkembangan IPTEK, juga akan muncul dampak negatif yang akan ditimbulkan
oleh perkembangan IPTEK dalam proses pendidikan, antara lain:
1.
Siswa menjadi malas belajar
2.
Terjadinya pelanggaran Asusila
3.
Kerahasiaan alat tes untuk pendidikan semakin terancam
Selama ini sering kita melihat dan
mendengar di siaran TV, tentang adanya kebocoran soal ujian, ini merupakan
salah satu akibat dari penyalahgunaan teknologi, karena dengan adanya
perkembangan teknologi yang semakin canggih, maka dengan mudah dapat mengakses
informasi dari satu daerah ke daerah lain, inilah yang dilakukan oleh oknum
untuk melakukan penyelewengan terkait dengan kebocoran soal ujian,
sehingga kejadian ini sering meresahkan pemerintah dan masyarakat.
4. Penyalahgunaan pengetahuan bagi orang-orang tertentu untuk melakukan tindak
kriminal.
Pada awalnya pendidikan itu ditujukan untuk
mendapatkan perubahan yang bersifat positif, namun pada akhirnya sering kali
tujuan itu diselewengkan dengan berbagai alasan. Contohnya ; seorang Heker
dengan kemampuannya melakukan penerobosan sistem sebuah kantor atau perusahaan,
mereka dapat melakukan perampokan dengan tidak perlu merampok langsung ke Bank
atau kekantor-kantor, cukup dengan melakukan pembobolan system
keuangan atau informasi penting, maka mereka akan dapat keuntungan, dan sulit
untuk dilacak pelakunya
5. Adanya penyalahgunaan system pengolah data yang menggunakan Teknologi.
Dengan adanya pengolahan data dengan system Teknologi, sering akli kita
temukan adanya terjadi kecurangan dalam melakukan analisis data hasil
penelitian yang dilakukan oleh siswa dan bahkan mahasiswa, ini mereka lakukan
untuk mempermudah kepentingan pribadi, dengan mengabaikan hasil penelitian yang
dilakukan.[5]
BAB III
PENUTUP
A. Kesipulan
Dari pemaparan makalah
diatas dapat kita simpulkan sebagai berikut:
1. Pengertian teknologi menurut Ali Syahbana adalah cara melakukan sesuatu untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan
bantuan akal dan alat, sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat atau
membuat lebih ampuh anggota tubuh, pancaindra dan otak manusia.Sedangkan
menurut Jaques Ellul memberi arti teknologi sebagai” keseluruhan metode yang
secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap bidang
kegiatan manusia.
2.
Teknologi memiliki peranan yang cukup banyak dalam sektor
pendidikan, diantaranya:
Ø Teknologi sebagai sumber bahan belajar. Hal ini mengenai buku dan bahan
belajar yang diperbaharui secara kontinyu dengan menggunakan teknologi. Karena
tanpa teknologi, pembelajaran yang
up-to-date membutuhkan waktu yang cukup lama.
Ø Teknologi sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran. Seperti yang kita
ketahui, fasilitas teknologi sangat membantu proses pembelajaran. Contohnya,
dalam menyampaikan informasi, dengan menggunakan fasilitas multimedia informasi
akan cepat sampai ke peserta didik dengan lebih akurat karena dengan adanya
berbagai fasilitas multidedia tersebut, peserta didik lebih termotivasi untuk
belajar dan mengeksplorasi pengetahuannya secara lebih luas.
Ø Teknoogi sebagai pendukung manajemen pembelajaran. Teknologi sangat
mendukung dalam hal mengelola pembelajaran, karena pada dasarnya tiap individu
memerlukan dukungan pembelajaran yang tanpa henti.
3. Pengaruh Positif Teknologi Terhadap Dunia
Pendidikan. Munculnya Media Massa, khususnya Media elektronik sebagai sumber ilmu dan
pusat Pendidikan. Seperti jaringan Internet, Lab. Komputer Sekolah dan
lain-lain. Dampak dari hal ini yaitu guru bukanlah satu-satunya sumber ilmu
pengetahuan, sehingga siswa dalam belajar tidak perlu terlalu terpaku terhadap
Informasi yang diajarkan oleh guru, tetapi juga bisa mengakses materi pelajaran
langsung dari Internet, olehnya itu guru disini bukan hanya sebagai pengajar,
tetapi juga sebagai pembimbing siswa untuk mengarahkan dan memantau jalannya
pendidikan, agar siswa tidak salah arah dalam menggunakan Media Informasi dan Komunikasi
dalam pembelajaran. Munculnya metode-metode pembelajaran yang baru, yang
memudahkan siswa dan guru dalam proses pembelajaran. Dengan kemajuan Teknologi
terciptalah metode-metode baru yang membuat siswa mampu memahami materi-materi
yang abstrak, karena materi tersebut dengan bantuan Teknologi bisa dibuat
abstrak, dan dapat dipahami secara mudah oleh siswa.
4.
Disamping dampak positif yang ditimbulkan
oleh perkembangan IPTEK, juga akan muncul dampak negatif yang akan ditimbulkan
oleh perkembangan IPTEK dalam proses pendidikan, antara lain: Siswa menjadi
malas belajar, Terjadinya pelanggaran Asusila, Kerahasiaan alat tes untuk pendidikan semakin terancam
DAFTAR
PUSTAKA
Azizy,
Qodri . 2004 . Melawan Globalisasi . Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Hariningsih. 2005. Teknologi Informasi. Penerbit
Graha Ilmu.
Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi. Bandung, Penerbit:Alfabeta
[3] Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis
Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung, Penerbit:Alfabeta.